Pentingnya Website Bagi UKM

Bertambahnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) saat ini perlu diberi apresiasi. Keberadaan UKM dapat menjadi penggerak dan penopang perekonomian Indonesia sehingga ketahanan ekonomi bangsa menjadi kuat. Sayangnya, masih banyak ditemui UKM yang masih terkendala dalam hal promosi produk yang mereka hasilkan ke masyarakat.

Adanya teknologi internet dan website seharusnya mampu menjadi salah satu jalan keluar yang dapat membantu UKM berkembang. Karena di dunia online jumlah pasar bisa tak terbatas dan seharusnya UKM tidak perlu merasa kuatir dalam memperoleh customer.

Apabila pelaku UKM belum terlalu familiar dengan dunia online, sudah saatnya harus mengubahmindset untuk “mau belajar”  pemasaran produk secara online melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, atau bisa juga dengan menggunakan blog.  Tidak ada waktu? Saat ini banyak pilihan untuk memanfaatkan jasa pembuatan website e-commerce, SEO, Google AdWords dan lain sebagainya. Tampilan website dapat dibuat semenarik mungkin sesuai keinginan pelaku UKM dan unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi customer.

Jika Anda adalah salah satu dari pelaku UKM, hal pertama sebaiknya memiliki website. Website tersebut akan memudahkan masyarakat untuk mengenal dan mencari tahu tentang produk yang Anda tawarkan. Website tersebut harus dikelola dengan baik. Anggaplah website tersebut seolah-olah seperti kantor dikehidupan nyata Anda. Setiap hari harus dilihat untuk mengetahui komentar terbaru dari customer, email terbaru dari customer. Dengan demikian Anda akan dengan cepat memberikan respon kepada customer Anda. Respon cepat adalah salah satu hal yang disukai oleh customer. Bahkan jika ada customer Anda yang ingin mengajak komunikasi melalui Whatsapp, BBM, Line, atau SMS maka sempatkanlah untuk melayaninya dengan sebaik mungkin.

Dengan adanya pelayanan yang baik, customer Anda akan puas dan tidak sedikit customer yang akan melakukan sharing baik melalui mulut ke mulut atau melalui online di media sosial. Hal tersebut akan tentu dapat menunjang pemasaran produk anda.

Jangan sampai customer Anda meninggalkan kesan buruk atau keluhan di halaman website Anda, atau halaman media sosial Anda. Hal ini dapat berbahaya karena mengancam pemasaran produk Anda. Sebagian besar customer toko online biasanya masih melirik track record dari toko online yang dicari. Sedikit saja mereka menemukan keluhan atau complainterhadap toko online atau produk yang dijual, niat mereka untuk membeli produk Anda dapat dengan mudah menjadi hilang.

Untuk itu, sebagai pelaku UKM harus aware  dan selalu menjaga kualitas baik produk maupun pelayanan kepada customer. Kalau kualitas terjaga dengan baik, akan timbul kepercayaan terhadap produk yang kita jual. Dengan demikian Anda dapat meraup untung besar dari dunia online.