Media Promosi: Ketahui Pengertian dan Contohnya

Media promosi mungkin sering Anda dengar saat duduk di bangku sekolah maupun dalam dunia pekerjaan. Di era digital ini, pemilihan media dalam pemasaran produk menjadi sangat penting mengikuti perkembangan zamannya.

Kita harus pintar menggunakan media promosi yang tepat dan efektif agar bisnis kita dapat meningkatkan penjualan maupun brand awareness konsumen. Oleh sebab itu, kita akan membahas apa itu media promosi dan contoh yang sering digunakan oleh pelaku bisnis saat ini.

Apa itu media promosi?

Media promosi adalah serangkaian alat, media maupun aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau menyampaikan suatu pesan kepada konsumen atau masyarakat.

Bagi pelaku bisnis, media promosi merupakan sarana untuk memasarkan produknya kepada calon konsumen. Tujuan utamanya yaitu untuk mengenalkan produk pada konsumen dan meningkatkan penjualannya.

Contoh Media Promosi

Media promosi memiliki banyak jenis dan contohnya yang sering digunakan oleh perusahaan maupun jasa. Namun, kita akan merangkum contoh media promosi yang banyak digunakan dan sering kita temukan di lingkungan sekitar.

Baliho

Media promosi baliho merupakan media yang sering kita jumpai saat kita bepergian keluar rumah. Jenis media promosi ini biasanya diletakkan di tempat strategis yang banyak masyarakat lalu lalang, contohnya di pinggir jalan raya.

Kelebihan baliho:

  1. Terlihat jelas karena bentuknya yang besar dan atraktif.
  2. Target audiens luas.
  3. Titik lokasi penempatan yang banyak dan variatif.

Kekurangan baliho:

  1. Harga sewa ruang iklan yang mahal.
  2. Rentan akan cuaca panas dan hujan (warna dan gambar akan memudar).

Videotron

Hampir serupa dengan baliho, namun media promosi videotron berbentuk LED elektronik. Videotron di era ini mulai digandrungi oleh perusahaan maupun jasa untuk memasarkan produknya.

Tentunya, videotron jauh lebih menarik di mata konsumen karena dapat menampilkan video maupun animasi. Hal ini karena videotron menggunakan alat pemutar media (media player) dalam pengoperasiannya.

Kelebihan videotron:

  1. Lebih menarik karena bisa menampilkan video dan animasi.
  2. Media yang dapat menarik pandangan konsumen untuk menoleh karena cahaya yang dihasilkan cukup terang dan mencolok.
  3. Tidak perlu cetak materi iklan. Semua materi berbentuk digital.
  4. Kuat akan cuaca panas dan hujan.

Kekurangan videotron:

  1. Harga sewa ruang iklan masih terbilang tinggi.
  2. Titik lokasi yang tersedia masih terbatas, biasanya hanya ada di kota-kota besar.
  3. Materi iklan dibatasi dengan menggunakan detik.

Media Online

Media promosi ini pasti sudah sangat sering Anda temui saat berselancar di internet. Tren perkembangan strategi promosi dan pemasaran harus mengikuti perkembangan zamannya.

Tercatat 63% dari populasi manusia di bumi ini merupakan pengguna internet. Sekedar fakta, Indonesia menyumbang sekitar 215 juta pengguna dan menempati posisi ke-4 pada data statistik pengguna internet terbesar di dunia. Wow!

Lalu apa saja jenis media promosi online?

Website

Salah satu syarat untuk terjun kedalam dunia media promosi online, Anda harus memiliki website. Website saat ini menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan atau jasa agar lebih memberikan rasa trust bagi konsumen.

Anda bisa mempromosikan website menggunakan layanan Google Ads, untuk mendapatkan visitor atau pengunjung website Anda. Semakin banyak pengunjung website Anda, maka kesempatan produk untuk terjual ikut tinggi.

Baca Juga: Manfaat Mempunyai Website Usaha

Social Media Ads

Berdasarkan data statistik We Are Social, Indonesia memiliki 139 juta pengguna aktif sosial media. Ini artinya, media promosi online ini ibarat wadah yang telah dipenuhi oleh ikan, Anda tinggal melemparkan umpan atau makanan ke dalamnya.

Perusahaan penyedia layanan media sosial, seperti Facebook dan Instagram, memiliki algoritma untuk mengelompokkan audiens berdasarkan gender, umur, lokasi, kesukaan, hobi, ketertarikan akan sesuatu dan kemampuan finansialnya.

Anda hanya sesuaikan target produk yang akan dipromosikan dan algoritma canggih tersebut yang akan bekerja sesuai “permintaan” Anda.

Marketplace Ads

Jangan heran, kini raksasa-raksasa perusahaan mulai merambah ke marketplace dalam promosi dan pemasarannya. Salah satu contohnya, Unilever sang raja retail pun mulai ambil bagian ke platform jual-beli online ini.

Apa sih kelebihan marketplace? Banyak! Salah satu poin keunggulan beriklan di media online marketplace yaitu target konsumen atau audiens sudah disediakan oleh platform ini. Kita tidak perlu effort lebih untuk mencari lokasi beriklan. Platform ini sudah menampung jutaan database calon konsumen yang tepat untuk mendistribusikan iklan produk Anda. Luar biasa!

Kesimpulan

Jadi, media promosi adalah suatu sarana yang digunakan dalam memasarkan produk maupun jasa (commercial) dan media penyampai informasi bagi masyarakat publik (non commercial). Banyak jenis dan contoh media promosi yang tersedia untuk Anda gunakan sesuai strategi promosi yang Anda rencanakan. Tentunya, semua harus dilakukan proses trial and error demi mendapatkan jenis media promosi yang tepat. Semoga sukses!


You might be interested in …