Kontes Foto “Wajah Mass Market Indonesia” 2015

Bank BTPN bersama dengan National Geographic Indonesia mengajak rekan-rekan fotografer dan penyuka fotografi untuk menangkap wajah mass market Indonesia, yaitu segmen yang terdiri dari pensiunan, usaha mikro & kecil, dan komunitas pra-sejahtera produktif dalam KONTES FOTO WAJAH MASS MARKET INDONESIA.

Mari eksplorasi mass market Indonesia dan ciptakan karya foto terbaik yang menggambarkan wajah mass market Indonesia lalu kirim foto terbaikmu kepada kami.

KETENTUAN KONTES FOTO ONLINE

Peserta
Peserta adalah seluruh fotografer (profesional dan amatir) yang telah mendaftarkan diri di web  http://btpn2015.fotokita.net/massmarket/register

Karyawan National Geographic Indonesia, Bank BTPN, dan keluarga intinya (pasangan, orang tua, anak, adik, atau kakak) tidak diperkenankan mengikuti kontes ini.

Tema
Berdaya Bersama Mass Market Indonesia untuk hidup yang lebih berarti.

Objek Foto
Aktivitas mass market – pensiunan, pengusaha mikro & kecil, dan komunitas pra-sejahtera produktif

Persyaratan Umum

  1. Foto yang dikirimkan hanya dalam bentuk digital.
  2. Foto yang dikirim belum pernah mengikuti dan memenangkan kontes apa pun.
  3. Tidak ada batasan waktu pengambilan foto
  4. Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 foto
  5. Foto yang dikirimkan bisa dihasilkan dari Kamera Digital apapun (kecuali kamera ponsel)

Materi Foto

  1. Dimensi terpanjang minimal 1024 piksel 72 dpi
  2. Ukuran fisik berkas foto maksimal 10 Mb
  3. Tidak diperkenankan menambahkan bingkai/latar belakang/tulisan (watermark) dalam bentuk apapun.
  4. Modus foto berwarna atau duotone (misal: hitam putih)
  5. Foto tidak mengandung materi SARA dan/atau pornografi
  6. Hanya foto dalam format digital (JPG) yang akan dijurikan
  7. Setiap peserta yang telah dinyatakan sebagai pemenang wajib menyerahkan berkas foto High Resolution minimal 300 dpi, dimensi terpanjang minimal 2500 piksel.

Aturan Khusus

  1. Tidak diperkenankan menggunakan filter pada aplikasi penyuntingan foto
  2. Foto high dynamic range (HDR) tidak diperkenankan.
  3. Pengirim foto diharapkan sudah melengkapi informasi profil di Fotokita.net. Informasi yang dimaksud adalah nama, alamat, nomor telepon, serta alamat e-mail (Penting untuk proses konfirmasi dan verifikasi finalis).
  4. Penyuntingan minor, seperti cropping, koreksi brightness/contrast, burning (terbatas), dodging (terbatas), koreksi warna, masih bisa diterima. Penggunaan lensa fisheye diperbolehkan selama tidak berlebihan dan menonjolkan objek foto.

Perjanjian Umum

  1. Dengan mengirimkan foto, berarti peserta secara otomatis menerima segala kondisi sebagaimana yang tercantum dalam ketentuan di atas.
  2. Entri yang tidak sesuai dengan ketentuan akan didiskualifikasi.
  3. Setiap peserta harus menjamin bahwa publikasi semua foto oleh National Geographic Magazine & Bank BTPN tidak akan memunculkan masalah hukum dikemudian hari.
  4. Foto harus merupakan hasil karya yang orisinal yang dibuat oleh peserta. Foto yang dimasukkan ke dalam kontes tidak boleh bermasalah dengan hak cipta, merek dagang, moral, privasi dengan seseorang atau institusi. Foto tidak boleh mengandung pornografi serta fitnah dan kebencian.
  5. Dengan mengirimkan foto ke kontes, pengirim setuju memberikan hak non-eksklusif kepada National Geographic Indonesia dan BTPN untuk memperbanyak, mendistribusikan, serta menayangkan foto untuk keperluan promosional lomba di media cetak dan elektronik. Dan foto pemenang akan digunakan BTPN dalam materi komunikasi below-the-line antara lain kalender, agenda, profil korporasi, laporan tahunan dll. Untuk penggunaan foto yang bersifat iklan (above-the-line) maka BTPN akan memberikan informasi lebih lanjut.

MODEL RELEASE & PROPERTY RELEASE
Ketika diminta, setiap pengirim foto (fotografer) bertanggung jawab untuk menyediakan bukti tertulis bahwa subyek fotonya (manusia yang ditampilkan wajahnya secara jelas atau menjadi bagian terbesar dalam frame foto) telah mengizinkan bahwa foto yang memuat dirinya itu diikutkan lomba dan dipublikasikan. Hal yang sama berlaku apabila subjek/objek fotonya adalah properti atau hasil karya intelektual (milik orang/lembaga/atau instansi tertentu).

Periode lomba: 25 Mei – 25 Juli 2015

Penjurian
Proses penjurian foto akan dilakukan oleh National Geographic Indonesia dan Bank BTPN pada tanggal 27 – 31 Juli 2015 untuk menentukan 3 Foto Terbaik.

Pengumuman Pemenang
Pengumuman pemenang lomba foto ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus

Hadiah Kontes
Juara Umum

  • Juara 1: Rp. 15.000.000
  • Juara 2: Rp. 10.000.000
  • Juara 3: Rp. 5.000.000

Pemenang Bulanan: 2 Pemenang @ Rp. 2.500.000

*Pajak Hadiah ditanggung Pemenang

KETENTUAN KONTES FOTO SOSIAL MEDIA
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2015 ini kami juga mengadakan tantangan foto via social media yang terbagi ke dalam 8 minggu. Tantangan ini dapat diikuti oleh semua orang dengan cara mengirim foto sesuai dengan tema mingguan via Twitter.

Peserta wajib memfollow akun @sahabatBTPN untuk dapat mengirimkan fotonya via Twitter. Foto dikirimkan dengan mencantumkan Hashtag #MassMarket dan Hashtag sesuai tema mingguan. Jangan lupa juga untuk memention @sahabatBTPN & @NGIndonesia. Foto yang dikirimkan merupakan karya hasil sendiri yang dapat dibuat dengan kamera apa saja.

Selama 8 minggu akan ada 8 tema berbeda yang bisa diikuti dengan 8 hadiah yang akan dibagikan kepada 8 Pemenang Mingguan.

Hadiah


NG Utility Kit A9200

Twitter Photo Contest

Week I

Tekstil

25 Mei – 31 Mei 2015

#MassMarket #TekstilBTPN

Week II

Agrobisnis

1 – 7 Juni 2015

#MassMarket #AgrobisnisBTPN

Week III

Transportasi Publik & Otomotif

8 – 14 Juni 2015

#MassMarket #TransportasiBTPN

Week IV

Produk Industri

15 – 21 Juni 2015

#MassMarket #IndustriBTPN

Week V

Maritim

22 – 28 Juni 2015

#MassMarket #MaritimBTPN

Week VI

Kerajinan & Suvenir

29 Juni – 5 Juli 2015

#MassMarket #CraftingBTPN

Week VII

Kehidupan Pasar

6 – 12 Juli 2015

#MassMarket #DailyLifeBTPN

Week VIII

Kuliner

13 – 19 Juli 2015

#MassMarket #KulinerBTPN

 

 

 

 

 

INFO RESMI